Home   |   Tentang Kami   |  Tentang HIMPUH   |   Anggota HIMPUH   |   Pengurus  
Paket Umrah & Haji  |  Hubungi Kami  

  Disediakan oleh HIMPUH untuk melayani Anda...   Info Kurs | USD = Rp 8,835   >> Kurs lain
  Kamis, 24 April 2014  
 
  Telusuri ..::
 **MEMBER ONLY**
 BERITA UMROH
 DUNIA ISLAM
 HIMPUH News
 INFORMASI HAJI
 MANASIK HAJI & UMROH
 PEMERINTAH
 RENUNGAN DIRI
 SERBA SERBI HAJI-UMRAH
 
  INFORMASI HAJI  2011
09 Juli 2012 - 10:14 WIBB
BI Minta Dana Haji Dikelola di Bank Syariah
29 Mei 2012 - 11:09 WIBB
Kuota Petugas Haji Dipisah
04 Mei 2012 - 15:17 WIBB
Hindari MLM Haji
  Berita lain
  Didukung Oleh

 
Daftar Anggota HIMPUH


  

  

  

  
  Anggota Lain
 

INFORMASI HAJI

14 Pebruari 2008 - 09:35 WIBB  
Menimbang Kuota Haji Khusus

Kuota haji khusus, dibagi atau dibebaskan, tetap memiliki kelebihan dan kekurangan.

Penyelenggaraan haji 2007 baru saja usai. Sebagian pihak menilai, penyelenggaraan haji tahun lalu, berjalan dengan sukses. Kendati ada sedikit persoalan, hal itu tidak mengganggu kelancaran proses penyelenggaraan ibadah haji.

Menteri Agama (Menag) RI, HM Maftuh Basyuni mengungkapkan, penyelenggaraan ibadah haji tahun 2007, berjalan dengan baik. ''Kalau ada kekurangan, kami akan terus berupaya untuk memperbaikinya,'' kata Maftuh seusai pelaksanaan ibadah haji 2007 beberapa waktu lalu.

Kini, detik-detik pembukaan penyelenggaraan ibadah haji 2008, akan kembali dimulai. Termasuk di dalamnya persiapan penyelenggaraan, menyangkut prosedur pendaftaran haji (reguler dan khusus), pemeriksaan kesehatan, penyetoran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) di Bank Penerima Setoran (BPS), besarnya BPIH, akomodasi (pemondokan dan penerbangan), dan lain sebagainya.

Walaupun, musim penyelenggaraan ibadah haji tahun 2008 M/1429 H masih sembilan bulan lagi (Syawal, {red}), namun resminya sudah dimulai pada Februari atau Maret ini. Sebab, jamaah yang dipastikan bisa berangkat dan mendapatkan porsi keberangkatan haji, harus menyetorkan minimal Rp 20 juta ke BPS BPIH yang ditunjuk pemerintah.

Depag sendiri belum memutuskan prosedur pendaftaran haji untuk musim 2008 ini. Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Umrah dan Haji Republik Indonesia (Amphuri), Baluki Ahmad menyatakan, saat ini pihaknya belum mendapat kejelasan mengenai prosedur pendaftaran haji, termasuk haji khusus (ONH Plus).

''Namun, tidak ada salahnya jika prosedur pendaftaran bisa disampaikan terlebih dahulu, agar calon jamaah haji bisa mempersiapkan segala sesuatunya. Jika memang prosedurnya seperti tahun lalu, paling tidak jamaah akan mendapatkan gambaran berapa besarnya biaya haji tahun ini,'' jelas Baluki kepada Republika.

Seperti diketahui, musim penyelenggaraan ibadah haji 2007 lalu, untuk penyelenggara haji khusus sempat mengalami kekacauan. Kuota yang diberikan pemerintah sebesar 16 ribu jamaah, namun jamaah haji khusus yang mendaftar mencapai 22 ribu lebih. ''Tentu harus ada kejelasan bagaimana sebaiknya prosedurnya agar kejadian tahun lalu tidak terulang lagi,'' papar Baluki.

Direktur Utama Munatour, Sugeng Wuryanto menyatakan, mengingat besarnya minat masyarakat yang ingin berangkat menggunakan biro haji khusus, sebaiknya kuota untuk haji khusus ditambah. ''Jika total jamaah yang mendaftar tahun lalu mencapai 22 ribu orang lebih, idealnya, tahun ini kuotanya sebanyak 25 ribu orang,'' paparnya.

Sebelumnya, pemerintah menghendaki, jamaah yang mendaftar pertama yang harus diprioritaskan (come first come serve). Konsep ini, tentu bisa diterapkan di haji reguler, karena masing-masing daerah sudah mendapatkan kepastian kuota.

Sedangkan untuk haji khusus, kata Sugeng, hal tersebut tidak bisa diterapkan. ''Jika saat ini seorang calon jamaah khusus sudah mendaftar haji, hakekatnya dia adalah orang yang ke-201. Sebab, travel yang mendapatkan izin menyelenggarakan haji sebanyak 200 travel. Tentu hal ini tidak bisa diterapkan, apalagi masalah kuota untuk haji khusus belum jelas apakah dibagi atau dibebaskan,'' tegasnya.

Sugeng menyatakan, jika kuota dibagikan kepada masing-masing travel, maka jamaah akan mendapatkan kepastian berangkat haji. Namun, jika kuota tersebut dibebaskan dan diperebutkan oleh travel, dikhawatirkan akan terulang kembali peristiwa tahun lalu.

Baluki menyatakan, kuota haji khusus itu, baik dibagi atau dibebaskan, memiliki kelebihan dan kekurangan. Karenanya, ia menyerahkan sepenuhnya kepada anggota Amphuri untuk mencari penyelesaian terbaik mengenai kuota tersebut.

Yang pasti, kata Baluki, kuota haji khusus sebaiknya ditambah dari tahun lalu. ''Jika melihat penyelenggaraan haji dua tahun lalu saat kuota dibebaskan, paling tidak saat ini sudah diketahui kinerja travel penyelenggara haji. Karenanya, saya mengusulkan sebaiknya kembali dibagikan saja, agar jamaah mendapat kepastian untuk berangkat haji, dengan mempertimbangkan kinerja travel selama ini,'' jelas Sugeng.


Prosedur pendaftaran BPIH Khusus

Merujuk pada prosedur pendaftaran haji khusus tahun-tahun sebelumnya, maka calon jamaah haji khusus hendaknya mempersiapkan diri untuk mengikuti prosedur berikut ini.

1. Calon haji memeriksa kesehatan di Puskesmas domisili.
2. Calhaj diwakili oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus datang ke kantor Badan Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS- BPIH) untuk menyetor BPIH tahun 2008.
3. Petugas BPIH memasukkan data calon jamaah haji ke SISKOHAT (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) sesuai dengan SPPH.
4. Penyelenggara Ibadah Haji Khusus, setelah menerima bukti setor BPIH lunas tahun 2008, mendaftarkan calon jamaah hajinya kepada Direktorat Pelayanan Haji dan Umroh, selambat-lambatnya 10 hari setelah menerima bukti setor lunas BPIH, dengan menyerahkan:
-- surat keterangan sehat dari Puskesmas
-- foto copy KTP
-- pas foto terbaru, tidak berpakaian dinas dan tidak berkacamata hitam (boleh berjilbab bagi wanita dan berpeci bagi pria).




Berita Selanjutnya :
Pencabutan Izin Penyelenggara Haji Khusus Sesuai Prosedur – 19 Pebruari 2008 - 19:58
Menag Silahkan Maktour Gugat Secara Hukum – 19 Pebruari 2008 - 19:52
Izin Maktour dan Al Amin Dicabut – 19 Pebruari 2008 - 12:11
Penyelenggara Haji Nakal Izinnya Dicabut – 19 Pebruari 2008 - 09:11
Kuota Haji Sulsel untuk Lima Tahun Mendatang Habis – 18 Pebruari 2008 - 19:24
 

Berita Sebelumnya :
Komisi VIII DPR Minta Soal Pondokan Haji Dibenahi – 13 Pebruari 2008 - 10:41
Tantangan Berat Penyelenggaraan Haji 1429H, Berkurangnya Ketersediaan Pemondokan – 13 Pebruari 2008 - 10:20
Kasus Paspor Hijau Benarkah Dilupakan? – 08 Pebruari 2008 - 10:14
Depag Janji Maktab Jamaah Lebih Dekat – 30 Januari 2008 - 12:01
Kabid Haji Kalsel Dukung Upaya Cari Alternatif Pondokan di Mekkah – 28 Januari 2008 - 23:57


Kembali Ke Atas

 


Anda mendapatkan pelayanan mengecewakan dari travel anggota HIMPUH ???

Sampaikan keluhan Anda melalui SMS Ke SMS Center HIMPUH 0817 0810 181 atau telepon ke (021) 837 80435
Atau klik disini untuk pengaduan online
  Arsip pengaduan

Online Support
Sekretariat
 
 
 
HIMPUH NEWS   Berita lain
25 Juni 2012 - 10:32 WIBB
Ongkos Haji Belum Ditetapkan, HIMPUH Mempertanyakan
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) mempertanyakan kebijakan Kementerian Agama...

02 Mei 2012 - 15:57 WIBB
Seminar Nasional
JAKARTA—Setiap tahun, jumlah masyarakat Indonesia yang...

25 April 2012 - 18:54 WIBB
Penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2012 sekarang berada di tangan DPR
JAKARTA_Media Indonesia.Com Kami juga ingin secepatnya ditetapkan BPIH 2012 sesuai aspirasi masyarakat dan kalangan...


 
  Download File-File Terkait
 
  ..:: Jendela Online
   Gaidotravel.com
Kami menyajikan rangkaian paket Haji khusus, umrah dan Wisata yang flexible dan harga yang terjangkau sesuai dengan keinginan pelanggan. Kami hanya menawarkan kualitas terbaik dalam pemilihan hotel, penerbanga, program maupun pelayanan.
  Cordove-travel.com
Cordova adalah ibukota Andalusia, yang sejak 525 Masehi menjadi pusat perkembangan peradaban kerajaan Islam yang terkenal di seluruh Eropa. Pada masa Bani Ummayah, Cordova memiliki 1000 masjid, 800 kamar mandi umum, dan 70 perpustakaan yang mendorong ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjadi pusat ekonomi yang pada perkembangannya mendorong kemajuan Eropa dan dunia. Dilandasi sejarah kejayaannya, maka CORDOVA TRAVEL ingin mendorong masyarakat Islam khususnya jamaah haji dan umrah menjadi pelaku berkembangnya kemajuan bangsa, baik pendidikan, ekonomi maupun budaya.

  Baldacitra.com
Para pendiri Balda Wisata menyadari bahwa ibadah umrah dan haji bukan hanya sekedar ritual semata, tetapi ada nilai-nilai kemanusiaan dan ketuhanan yang lebih utama dari itu semua : "Memahami diri sendiri sebagai ciptaan Allah SWT dan melayani sesama"
  2000wisata.com
himpuhDewasa ini Kepariwisataan Berwawasan Agama (Religius Tourism) telah berkembang menjadi semakin penting. Di Indonesia, negeri dengan penduduk Muslim terbesar di Dunia, Kepariwisataan bernuansa Islami telah berkembang pesat Untuk memenuhi kebutuhan ummat akan pelayanan profesional di bidang penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, telah hadir PT. DUA RIBU WISATA yang siap melayani Ummat dengan motto kami : "Berawal dari Niat, Insya Allah Terwujud Segalanya"
 
  ..::. Etalase Plus  
   
      Info Iklan Hubungi Kami Kerjasama
  PENCARIAN
  © 2009 Himpunan Penyelenggara Umrah & Haji ( HIMPUH )
All Rights Reserved. Terms under which this service is provided to you.

HIMPUH Secretariat
Graha HIMPUH
Jl, .Asem Baris Raya No 125
Jakarta Selatan 12830 Indonesia
Telp:6221 8378 0435
Fax:6221 8315418 SMS Center : 0878 7 555 7575
e-Mail : info@himpuh.org , himpuh2009@yahoo.co.id

 
   Supported By
  www.disainweb.info